Kata Kerja Operasional
(KKO) PENGETAHUAN
Mengingat (remember)
|
Memahami (Understad)
|
Mengaplikasikan (Apply)
|
Menganalisis (Analyze)
|
Mengevaluasi (Evaluate)
|
Mencipta (Create)
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Penilaian
|
Sintesis
|
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
|
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
|
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Mentabulasi
|
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
|
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
|
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan
Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
|
Memberi kode
Mengenali
Menempatkan
Menerbitkan
|
Meng-inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengelompokkan
Menggeneralisasi
Menggolongkan
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasi
Mengklasifikasi
Menterjemahkan
|
Melakukan
Mengimplementasikan
Menjalankan
Mempraktikan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
|
Memadukan
Membedakan
Mengstruktur
Memfokuskan
Menata
Menetapkan
sifat/ciri
Mengatribusi
Mengorganisasi
Mengurai
Menyeleksi
Mengoreksi
Membangunkan
|
Memonitor
Mengecek
Mengkoordinasikan
Menguji
Membenarkan
Menyalahkan
|
Memunculkan
Menemukan
Menghasilkan karya
Mengingatkan
Mengkombinasikan
MengusulkanHipotesis
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
Membuat
Mengkonstruksi
|
Mendefinisikan
Mengetahui
Mengingat
Mengulangi
Menggarisbawahi
|
Menunjukkan
Menyatakan
Mengidentifikasi
Mengungkapkan
Mengenal
Menyarankan
Meringkas
|
Mengaplikasikan
Mengkonstruksi
Mendemonstrasikan
Mendramatisasi
Mengerjakan
Mencontohkan
Mengilustrasikan
Menginterpretasikan
Mengorganisasi
Memprediksi
Menjadwalkan
Membelanjakan
Mensketsakan
Menterjemahkan
|
Mengapresiasi
Menghitung
Mengkategorikan
Membandingkan
Mengkontraskan
Mengkritisi
Mendebat
Menentukan
Mendiferensiasi
Mencobakan
Memeriksa
Menginventarisir
Menanyakan
Menghubungkan
|
Mengapresiasi
Menaksir
Mengevaluasi
Meranking
Memperbaiki
Menskor
|
Mengkoleksi
Mengkonstruksi
Memformulasikan
Mengelola
Mengorganisasi
Menemutunjukan
Mempersiapkan
Memproduksi
Mengajukan
|
Taksonomi Bloom
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Pengetahuan
|
Kemampuan menyebutkan
atau menjelaskan kembali
Contoh: menyatakan
kebijakan
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai,
menyatakan, mengidentifikasikan, mengetahui, menyebutkan, membuat rerangka,
menggaris bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih
|
2.
|
Pemahaman
|
Kemampuan memahami instruksi/masalah,
menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri
Contoh : Menuliskan kembali atau merangkum
materi pelajaran
|
Menerangkan, menjelaskan , menguraikan,
membedakan, menginterpretasikan, merumuskan, memperkirakan, meramalkan,
menggeneralisir, menterjemahkan, mengubah, memberi contoh, memperluas,
menyatakan kembali, menganalogikan, merangkum
|
3.
|
Penerapan
|
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek
atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam
menghitung gaji pegawai
|
Menerapkan, mengubah, menghitung,
melengkapi, menemukan. membuktikan, menggunakan, mendemonstrasikan,
memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan, menunjukkan, mengoperasikan,
menyiapkan, menyediakan, menghasilkan.
|
4.
|
. Analisa
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam
beberapa komponen untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas atas dampak
komponen-komponen terhadap konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisa penyebab meningkatnya
Harga pokok penjualan dalam laporan keuangan dengan memisahkan komponen-
komponennya.
|
Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat
skema /diagram, membedakan, membandingkan, mengkontraskan, memisahkan,
membagi, menghubungkan, menunjukan hubungan antara variabel, memilih, memecah
menjadi beberapa bagian, menyisihkan, mempertentangkan
|
5.
|
Sintesa
|
Kemampuan merangkai atau menyusun kembali
komponenkomponen dalam rangka menciptakan arti/pemahaman/ struktur baru.
Contoh: Menyusun kurikulum dengan
mengintegrasikan pendapat dan materi dari beberapa sumber
|
Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur
memodifikasi, mendisain, mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi,
mengarang, menciptakan, menyusun kembali, menulis kembali, merancang,
merangkai, merevisi, menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan
|
6.
|
Evaluasi
|
Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu
berdasarkan norma, acuan atau kriteria.
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa
dengan kunci jawaban.
|
Mengkaji ulang, membandingkan,
menyimpulkan, mengkritik, mengkontraskan, mempertentangkan menjustifikasi,
mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan, memperhitungkan, menghasilkan,
menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi, menemukan
|
Taksonomi Bloom Revisi
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Mengingat
|
Kemampuan menyebutkan kembali informasi / pengetahuan
yang tersimpan dalam ingatan.
Contoh: menyebutkan arti taksonomi.
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menjelaskan,
mengingat, mengenali, menemukan kembali, menyatakan, mengulang, mengurutkan,
menamai, menempatkan, menyebutkan
|
2.
|
Memahami
|
Kemampuan memahami instruksi dan menegaskan
pengertian/makna ide atau konsep yang telah diajarkan baik dalam bentuk
lisan, tertulis, maupun grafik/diagram
Contoh : Merangkum materi yang telah
diajarkan dengan kata-kata sendiri
|
Menerangkan, menjelaskan, menterjemahkan,
menguraikan, mengartikan, menyatakan kembali, menafsirkan, menginterpretasikan,
mendiskusikan, menyeleksi, mendeteksi, melaporkan, menduga, mengelompokkan,
memberi contoh, merangkum menganalogikan, mengubah, memperkirakan
|
3.
|
Menerapkan
|
Kemampuan melakukan sesuatu dan
mengaplikasikan konsep dalam situasi tertentu.
Contoh: Melakukan proses pembayaran gaji
sesuai dengan sistem berlaku.
|
Memilih, menerapkan, melaksanakan, mengubah,
menggunakan, mendemonstrasikan, memodifikasi, menginterpretasikan,
menunjukkan, membuktikan, menggambarkan, mengoperasikan, menjalankan memprogramkan,
mempraktekkan, memulai
|
4.
|
Menganalisis
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam
beberapa komponen dan mnghubungkan satu sama lain untuk memperoleh pemahaman
atas konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisis penyebab meningkatnya
Harga pokok penjualan dalam laporan keuangan dengan memisahkan komponen-
komponennya.
|
Mengkaji ulang, membedakan, membandingkan,
mengkontraskan, memisahkan, menghubungkan, menunjukan hubungan antara
variabel, memecah menjadi beberapa bagian, menyisihkan, menduga, mempertimbangkan
mempertentangkan, menata ulang, mencirikan, mengubah struktur, melakukan
pengetesan, mengintegrasikan, mengorganisir, mengkerangkakan.
|
5.
|
Mengevaluasi/ menilai
|
Kemampuan menetapkan derajat sesuatu
berdasarkan norma, kriteria atau patokan tertentu
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa
dengan kunci jawaban
|
Mengkaji ulang, mempertahankan, menyeleksi,
mempertahankan, mengevaluasi, mendukung, menilai, menjustifikasi, mengecek,
mengkritik, memprediksi, membenarkan, menyalahkan
|
6.
|
Mencipta
|
Kemampuan memadukan unsur-unsur menjadi
sesuatu bentuk baru yang utuh dan koheren, atau membuat sesuatu yang orisinil.
Contoh: Membuat kurikulum dengan mengintegrasikan
pendapat dan materi dari beberapa sumber
|
Merakit, merancang, menemukan, menciptakan,
memperoleh, mengembangkan, memformulasikan, membangun, membentuk, melengkapi,
membuat, menyempurnakan, melakukan inovasi, mendisain, menghasilkan karya
|
0 Komentar