‘RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP -01)


Satuan Pendidikan                          : ...........................................................
Mata Pelajaran                                :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Keahlian                     :  Semua Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester                               : X1 / Semester Ganjil         
Materi Pokok                                  : Harmonisasi  Hak dan Kewajiban  Asasi  Manusia  Dalam                     Persefektif Pancasila.
Alokasi waktu                                  : 2 x 45 menit ( 1 x Pertemuan )

A.   Kompetensi Inti                        :
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.         Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian PPKn Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.            Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1   Bersikap peduli terhadap asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1   Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
4.1   Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. bernegara.

C.            Indikator Pencapain Kompetensi

1.1.1.   Menerima hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang MahEsa.
1.1.2.   Menghargai hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1.   Memiliki sikap peduli terhadap asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1.1.   Bersikap peduli terhadap asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1.2.   Mengidentifikasi karakteristik hak asasi manusia.
3.1.3    Mengidentifikasi karakteristik kewajiban asasi manusia.
3.1.4.   Menjelaskan makna hak asasi manusia.
3.15.    Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia.
4.1.1    Menalar hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.1.2.   Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara.

            D.      Tujuan Pembelajaran
                      Melalui diskusi setelah pembelajaran  Peserta didik dapat  :
·           Mengidentifikasi karakteristik hak asasi manusia.
·           Mengidentifikasi karakteristik kewajiban asasi manusia.
·           Menjelaskan makna hak asasi manusia.
·           Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia.
·           Menalar hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
·           Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara

                 E.  Materi Pembelajaran
·      Makna hak asasi manusia.
·      Makna kewajiban asasi manusia.
·      Karakteristik hak asasi manusia.
·      Karakteristik kewajiban asasi manusia.
·      Pengertian hak dan kewajiban asasi manusia

F.        Model dan Metode
    Pendekatan      : Scientific Learning
    Model               : Discovery learning
    Metode             : Diskusi kelompok (Kajian historis )

G.         Langkah-langkah Pembelajaran
             Pertemuan -1
                Kegiatan Pendahuluan ( 10’ )
      Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya dengan menayangkan video motivasi, bercerita kejadian nyata yang pernah dialami oleh guru yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas.
      Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.
      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
  
Kegiatan Inti ( 70’ )
         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.
         Peserta didik diminta untuk mengamati dengan membaca wacana tentang Harmonisasi Kewajiban dan Hak Asasi Manusia yang terdapat pada buku teks Bab1, selanjutnya membaca Sub bab A tentang Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia (Buku Siswa hal. 2-8). Guru dapat memberikan informasi tambahan terkait dengan wacana tersebut dengan berbagai peristiwa sejenis di lingkungan peserta didik dan memberikan penekan dengan info kewarganegaraan tentang dasar pemikiran Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.
         Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang konsep hak dan kewajiban asasi manusia.
         Guru membimbing dan terus mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mendalam tentang konsep hak dan kewajiban asasi manusia dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut.
No. Pertanyaan
1............................................................................................
2...........................................................................................
3...........................................................................................
dst
      Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi.
      Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
      Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dan mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada Tugas Mandiri 1.1 dengan membaca sumber lain yang relevan dari buku atau internet.
      Peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh untuk menganalisis persamaan dan perbedaan definisi tentang hak dan kewajiban asasi manusia dan menyimpulkan makna hak dan kewajiban asasi manusia.
      Peserta didik menyusun laporan hasil telaah/analisisnya. Laporan disusun secara individu dan menjadi tugas peserta didik dan dikumpulkan pada akhir pertemuan ini.
       Peserta didik secara acak (2-3 orang) diminta untuk menyajikan hasil analisis tentang makna hak dan kewajiban asasi manusia secara lisan. Peserta didik yang lain diminta untuk menanggapi atau melengkapi hasil telaah tersebut.
      Guru memberikan konfirmasi/penguatan atas jawaban peserta didik.
3.  Kegiatan Penutup ( 10 ‘)
      Guru dan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan kompetensi yang telah dipelajari.
      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
      Guru dan peserta didik menutup pelajaran dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pembelajaran beberlangsung aman dan tertib.


H.        Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
       Media                          ;
       Alat/Bahan                  : laptop, infocus                               
       Sumber Belajar           :
1.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 2017. Buku Guru Mata Pelajaran PPKn kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.   Kementerian Pendidikan dan kebudayaan . 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran PPKn kelas XI. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

I.         Penilaian Pembelajaran,  Remidial dan pengayaan
       Penilaian sikap spritual dan sosial
1.   Teknik                : Observasi
2.   Instrumen           : Rubrik ( terlampir )
       Penilaian Pengetahuan
1.   Teknik                 : Tes Tertulis
2.   Instrumen            : Pilihan Ganda ( terlampir   )
       Penilian Keterampilan
1.   Teknik                : Unjuk Kerja
2.   Isntrumen           : Lembar pengamatan ( terlampir  )




                  Mengetahui                                                                           Cikampak,  ...................
                  Kepala ..............................................                                   Guru Mata Pelajaran





                   ............................................                                                   ................................................